Friday, February 23, 2024

Bireuen – Potretonline.com, 10/10/22. ACT Lhokseumawe Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Dayah Babussalam Al-Aziziyah, Akan Berlanjut ke Dayah Lainnya

Bireuen – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lhokseumawe dan melaksanakan program layanan kesehatan gratis kepada para santri dan dewan guru di Dayah Babussalam Al-Aziziyah, Jeunib, Bireuen. Program tersebut dapat dilaksanakan atas kolaborasi Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kecamatan Jeunib dan Puskesmas Jeunib.

Santri merupakan generasi masa depan yang perlu mendapatkan perhatian dari aspek kesehatan agar mereka nyaman dan semakin semangat menuntut ilmu agama,” ujar Kepala Cabang ACT Lhokseumawe Thariq Farline, Rabu, 8 Juni 2022.

Layanan diberikan berupa pemeriksaan kesehatan, pengecekan kolestrol, asam urat, gula darah, tensi darah, dan lain-lain. Para santri dan dewan guru turut mendapatkan obat sesuai keluhan yang dialami.

Program layanan kesehatan sudah dilaksanakan di berbagai tempat. Harapannya, program tersebut dapat meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat maupun para santri sehingga bertambah semangat beribadah, menuntut ilmu, dan mencari nafkah.

“Dalam waktu dekat, insya Allah kami juga akan melakukan pendampingan pasien stunting di beberapa lokasi di Aceh,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Tgk Bahri, salah seorang dewan guru di sana yang aktif membantu pelaksanan layanan kesehatan. Harapannya para santri yang mengalami keluhan sakit dapat sembuh usai mendapatkan pengobatan.

Semangat santri bantu Palestina

Ratusan santri berpakaian kembali berkumpul di musala usai ibadah shalat zuhur dan makan siang. Mereka nampak memenuhi musala untuk mendengarkan sosialisasi program rumah wakaf dari santri Aceh untuk Palestina dari tim ACT Lhokseumawe.

Staf ACT Lhokseumawe, Hidayatullah, mengajak para santri peduli terhadap saudara muslim di Palestina. Kondisi Palestina sangat tertindas oleh kebrutalan zionis Israel yang terus menggusur paksa rumah warga Palestina.

“Saudara kita di Palestina, baik anak-anak, perempuan, dan lansia setiap hari dizalimi, rumahnya dihancurkan,” papar Hidayatullah.

Berkali-kali para santri memekikkan takbir dan menyatakan siap membantu Palestina. Hidayatullah mengajak santri memberikan sedekah terbaiknya guna meringankan beban muslim di Palestina.

Ia menyampaikan sosialisasi program rumah wakaf dari santri Aceh untuk Palestina akan terus berlanjut ke pesantren-pesantren lainnya. Untuk sedekah dapat disalurkan ke rekening BSI 722 005 7229 atau Bank Aceh 030 01 080000 052 atas nama Aksi Cepat Tanggap. Informasi dan konfirmasi selengkapnya dapat menghubungi melalui WhatsApp 082267191618.

“Bila kita menolong saudara kita yang butuh uluran tangan, insya Allah akan Allah mudahkan urusan kita,” tutupnya.

Tgk Bahri turut bersedia membantu agar program rumah wakaf tersebut dapat terlaksanakan. Ia mengajak para santrinya membantu Palestina. “Alhamdulillah, di sini kita diajarkan untuk saling membantu. Nah, mari kita praktekkan apa yang sudah kita pelajari,” pungkasnya.

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.