Siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya Menebar Kebaikan

Manggeng, Potretonline.com, 17/04/23. Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang hanya hitungan hari lagi, siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng melakukan berbagai kegiatan amal dan buka puasa bersama di hari terakhir sekolah. Kegiatan amal yang dilakukan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini meliputi SDIT Muhammadiyah Manggeng Peduli, Santunan Anak Yatim, dan Berbagi Takjil.

Beberapa kegiatan amal tersebut dimulai sejak Jumat 14 April 2023 dengan kegiatan SDIT Muhammadiyah Manggeng Peduli di Desa Lhong Baro Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Siswa mengunjungi rumah janda miskin  yang hidup di rumah bantuan kandang ayam yang kemudian dialihkan untuk tempat tinggalnya, nama beliau adalah Eka Suprawati (40 tahun) bersama dengan 3 anaknya Lutfi Azahri (14 tahun), Fakrul Arazi (10 tahun) dan Al Fatan (6 tahun). Mereka tinggal di rumah papan berukuran 3 x 3 meter,  yang seharusnya merupakan kandang ayam. Rumah yang hanya berbentuk 1 kamar tidur kecil tersebut menjadi rumah bagi ia dan 3 putranya. Terlihat semua peralatan untuk tidur dan memasak tersimpan di dalam satu kamar tersebut dengan keadaan yang sangat memprihatinkan. Sedangkan sumur yang berada di luar hanya ditutupi terpal berupa karung-karung bekas sebagai dinding.

Janda 3 orang anak ini mengaku rumah yang ia tempati saat ini sebenarnya merupakan kandang ayam. Ia dan anak anaknya tinggal di rumah tersebut sejak 2018 lalu, Kala itu ia mendapat bantuan untuk berternak ayam dari pemerintah setempat, namun karena ia dan anak anaknya belum memiliki tempat tinggal ia meminta agar bantuan untuk kandang ayam tersebut dibuat berbentuk kamar yang dapat ia tempati bersama anaknya sebagai rumah mereka. Tak jarang sang anak mendapat ejekan dari kawan kawan karna tinggal di rumah berbentuk kandang ayam tersebut.

Ia bersyukur karena mendapat bantuan rumah tersebut, walaupun tanah tempat rumah tersebutpun bukan miliknya sendiri melainkan pinjaman sementara dari keluarganya. Sebelumya ia mengaku tinggal berpindah-pindah tempat dan sempat tinggal di rumah ibunya, namun karena tidak ingin membebani ibu dan adik adiknya yang juga tinggal di rumah tersebut, ia memilih untuk tinggal di rumah tak layak ini.

Sejak berpisah dengan sang suami yang pergi meninggalkan ia dan anak anak untuk menikah lagi pada 2015 lalu, ia mengaku memiliki banyak kesulitan untuk menghidupi dirinya dan anak anak, bahkan untuk makan pun kadang ada dan kadang tidak. Tak jarang mereka tidak makan karena tidak memiliki beras dan uang.

Sayangnya ia mengaku tak mendapat bantuan apapun dari pemerintah desa setempat melainkan hanya Bantuan langsung Tunai (BLT) yang tidak rutin setiap bulan.

Untuk menafkahi kehidupan mereka selama ini, ia bekerja serabutan sebisanya. “kalau lagi musim dis awah bantu bantu cabut bibit padi, kalau gak, nyapu, ngepel di rumah orang” ceritanya dengan tegar.

Dengan keadaan yang memperhatikan tersebut tak jarang ia juga sering mendapatkan bantuan dari warga sekitar yang perihatin melihat keadaannya. Bahkan untuk arus listrik yang ia gunakan sekarang pun merupakan sumbangan warga sekitar

Saat siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng berkunjung, ia menyambut dengan hangat dan bahagia, ia sangat bersyukur bisa mendapat bantuan dari siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng.

Selain berkunjung ke rumah ibu Eka Suprawati janda 3 anak, kegiatan amal dilanjutkan pada hari sabtu menjelang berbuka puasa bersama dengan memberikan santunan anak yatim dari beberapa desa sekitar lokasi SDIT Muhammadiyah Manggeng. Kegiatan dilanjutkan dengan berbagi takjil di Puskesmas Manggeng dan di Jalan Nasional tepatnya di depan Mesjid At-Taqwa Manggeng. Penyerahan santunan anak yatim diserahkan langsung oleh kepala sekolah Risa Muliana, S.Pd.I. Sedangkan pembagian takjil di bagikan langsung oleh para siswa.

Kepala sekolah berharap agak kegiatan- kegiatan amal ini dapat terus berlanjut di setiap tahunnya pada Ramadhan berikutnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan apresiasi kepada siswa yang selalu hadir ke sekolah selama bulan Ramadhan, dan ditutup dengan acara BUKBER atau buka bersama dengan keluarga besar SDIT Muhammadiyah Manggeng yang dihadiri oleh siswa dan wali siswa,  serta beberapa jamaah Mesjid At Taqwa Manggeng.

Kontributor: Ustazah Nadya Febrianti

Exit mobile version