Sepeda

Tulisan Alya arifa Kelas : XI ipa SMA NEGERI 1 MATANGKULI , Aceh Utara yang diikutkan dalam lomba menulis majalah POTRET yang diselenggarakan oleh CCDE, POTRET Gallery, majalah POTRET, majalah Anak Cerdas dan didukung oleh Oleh toko sepeda Serikat dan Jasaroda. Silakan like dan komentari di IG Potret.Gallery. Tulisan bisa dibaca di bio akun Potret Gallery

​​Oleh Alya arifa

Kelas : XI ipa SMA NEGERI 1 MATANGKULI

Sepeda adalah salah satu sahabat terbaik bagi anak anakmaupun orang dewasa, sepeda bisa membawa kita ketempatmencari ilmu, mencari nafkah ,dan bersenang senang. Begitubanyak anak anak yang berjuang mencari pendidikan untukmencapai cita cita yang diinginkan, disebahagian daerah cukupmudah untuk mendapatkan pendidikan, tetapi ada jugadisebahagian daerah yang sangat sulit untuk mendapatkanpendidikan. Dengan berbagai macam rintangan dan salah satualat transportasi yang sangat membantu anak anak yaitu denganbersepeda. Sepeda adalah salah satu saksi bisu dimana seoranganak yang berjuang dalam meraih cita cita, se sederhananyasepeda  dia adalah sahabat sejati yang tidak akan tergantikanwalaupun zaman semakin lama berkembang dan maju dengantransportasi lain tetapi sepeda tetap sahabat sejati di dalamhatiku untuk meraih apa yang diinginkan.

Sepeda kini sudah menjadi salah satu kendaraan yang umumdingunakan, terlebih lagi untuk orang orang yang tidak mauterjebak macet dan tidak mau berkontribusi dalam mencemarilingkungan dengan polusi udara. Sejak adanya virus corona yang melanda dunia banyak orang khususnya masyarakatIndonesia yang mulai menggunakan sepeda sebagai alattransportasi dan juga sebagai sarana olahraga.

Sepeda di perkirakan berasal dari Negara perancis, dan menurutsejarah Negara perancis sudah sejak awal abad ke delapan belasmengenal dan menggunakan alat transportasi yang memilikiroda dua tersebut        , meraka menamai sepeda dengan sebutanvelocipede .selama bertahun tahun velocipede menjadi salahsatu istilah yang merujuk kepada hasil rancangan transportasiroda dua tersebut. Munculnya transportasi sepeda pada zamandahulu hampir sama dengan kemunculan transportasi mobilpada zaman sekarang, dimana orang yang memilikinya hanyaorang tertentu. Bagi masyarakat Indonesia sendiri transportasijenis sepeda tentu sudah tidak asing lagi ,alat transportasi ramahlingkungan, dan juga memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia.

Perkembangan Indonesia menjadi informasi yang menarik untukdibahas. Pada masa kini kegiatan bersepeda menjadi pilihankegiatan olahraga atau sekedar melepas penat, nyatanya sepedaadalah salah satu jenis olahraga yang kaya akan manfaat,bersepeda menjadi salah satu olahraga yang mudah dilakukanuntuk kesehatan ,namun seiring berjalannya waktu banyakbermunculan sepeda dengan berbagai jenis dengan manfaat danfungsinya ,seperti sepeda onthel, fixie, bmx, dan sepeda hybrid,sehingga sepeda sudah bukan lagi menjadi alat transportasitradisional seiring dengan perkembangan zaman.

Pada saat saya masih berumur tujuh tahun saya sangat senangbersepeda , saya ingat dengan baik sepeda sepeda yang pernahsaya punya, seluruh kerangkanya adalah pipa besi yang kuat, dengan sepeda itu saya membelah jalanan kemanapun. Bersepeda adalah aktivitas yang paling saya gemari, begitududuk diatas sadel dan mulai mengayuh, seolah olah sayamerasa menjadi orang yang paling bahagia didunia, kenangannya tak akan terlupakan karena waktu yang kita lewatisangat membekas di hati,walaupun sepeda adalah alattransportasi yang sangat sederhana tetapi dia memiliki kenangandan fungsi yang tak terhingga kengunaanya. Mungkin semuaanak sangat mengidamkan sepeda ,dengan bermain sepeda kitaakan mengenal daerah sekitar dan dapat menghilangkan rasa jenuh walaupun bermain hanya di sekitaran rumah.

Saya berfikir sepeda adalah alat transportasi yang cukup unikuntuk masa sekarang, semasa saya bersepeda ke sekolah sayasangat  senang sekali  karena selain bisa membuat kaki dantangan bergerak lebih banyak, pandangan juga bekerja denganwas was dan perasaan yang takut akan jatuh saat membawanya. Dengan sepeda dapat memudahkan kita untuk melakukanterobosan, seperti menyalip saat sedang macet .Bersepedaadalah kegiatan kesukaanku setiap orang memang memilikikesukaanya masing masing,ada yang suka memelihara hewan,ikan, burung dan bahkan ada yang suka menanam bunga danlain lain ,namun kesukaanku adalah bersepeda ,karenamenurutku  bersepeda itu membuat tubuh kita segar danmembuat pikiran tenang apalagi sambil berkeliling desa denganudara dan pemandangan yang sejuk. Sepeda adalah alattransportasi  masa depan terbaik untuk kapanpun, sepeda hanyamembutuhkan ruang gerak kecil,biaya penggunaan sepeda lebihekonomis dibandingkan mode tranportasi lainnya.

 

Exit mobile version