Disdukcapil Jalin Kerjasama dengan RSU Cempaka Lima


Banda Aceh-Potretonline.com, 21/06/22. Dalam upaya memudahkan warga Kota Banda Aceh untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS)  dengan Rumah Sakit Umum  Cempaka Lima, Selasa (21/06/2022) di Balai Keurukon.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh Dra. Emila Sovayana dengan Direktur Rumah Sakit Umum Cempaka Lima dr. Brury Apriadi Husaini, MKM.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh Dra. Emila Sovayana mengatakan program kerja sama ini diberi nama Pelita Hati atau pelayanan online akta kelahiran terintegrasi tahun 2022.

Kata Emila, dengan adanya kerja sama ini warga Kota Banda Aceh yang melakukan persalinan di RSU Cempaka Lima  langsung dapat akta kelahiran sehingga orang tua tidak perlu mengurusnya ke Disdukcapil karena sudah diurus oleh pihak rumah sakit, orang tua hanya perlu menyiapkan persyaratannya saja.

“Syaratnya orang tua atau keluarga dari bayi yang baru lahir  menyiapkan surat kelahiran dari rumah sakit, fotokopi KTP orang tua, fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi saksi  nantinya akan diberikan akta kelahiran, KK dan KIA,” kata Emila.

Direktur Rumah Sakit Umum Cempaka Lima dr. Brury Apriadi Husaini, MKM mengatakan sangat mendukung kerjasama tersebut karena dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akta kelahiran.

“Alhamdulillah kerjasama ini dapat memberikan dan mendukung kemudahan akses masyarakat untuk memperoleh akta kelahiran,” katanya.

Pada kerjasama tersebut juga dibarengi dengan kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Akta Kelahiran dan Akta Kematian Online (SiHATI Online ) Bagi Operator Rumah Sakit dan Klinik Bersalin.

Exit mobile version