ACT Salurkan Hewan Qurban ke Berbagai Kabupaten/Kota di Aceh

 

Banda Aceh – Potretonline.com, 20/07/21. Mengambil tagline Berqurban Tanpa Batas, Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menyalurkan 166 ekor hewan kurban sapi dari 3 negara muslim. Hewan kurban tersebut kemudian disalurkan ke 15 kabupaten dan kota di Aceh. Kurban tersebut dikirim oleh Türkiye Diyanet Vakfı (TDV), Hayrat Yardım, dan Ministry of Foreign Affairs (MOFA) Kuwait lalu dikelola dan disitribusikan ke seluruh kota dan kabupaten se-Aceh oleh Global Qurban – ACT berkolaborasi dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di Aceh. 

Di masa pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat seperti ini, ini bentuk ikhtiar terbaik untuk menunaikan ibadah kurban tanpa batas wilayah. Dimana kini, berkurban bisa kemana saja kepada mereka yang membutuhkan.

Türkiye Diyanet Vakfı merupakan yayasan yang didirikan oleh Direktorat Jenderal Agama Islam Turki. MOFA Kuwait adalah Kementerian Luar Negeri dari pemerintahan Kuwait. Sedangkan Hayrat Yardim salah satu lembaga kemanusiaan yang dipercaya oleh Kementerian Dalam Negeri Turki untuk melayani pengungsi Suriah di dalam Turki dan memiliki fokus terhadap Indonesia.

Zulfurqan, Kepala Cabang ACT Aceh menuturkan di tahun ini mungkin sangat berat bagi sebagian kita, namun tidak melunturkan niat baik dalam berkurban. Bahkan semakin bersemangat lagi. Tahun ini sebanyak 41.500 lebih penerima manfaat di Aceh mendapatkan daging kurban dari Global Qurban – ACT.

“Seperti inilah bukti sebenarnya berqurban tanpa batas, seperti tagline Global Qurban saat ini. Wujud persaudaraan muslim tanpa batas wilayah,” sebutnya, Selasa (20/7/2021).

Kurban kemudian didistribusikan ke 15 kabupaten dan kota di Aceh, yakni Subulussalam, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil.

Lebih jauh ia menuturkan jika daging kurban ini selanjutnya didistribusikan melibatkan relawan MRI di setiap kabupaten dan kota agar tepat sasaran, yang sebelumnya penerima manfaat tersebut telah di asesment dan dilihat sehingga yang menerima adalah mereka yang layak menerima daging hewan kurban. 

“Agar tepat sasaran, karena banyak masyarakat Aceh saat ini yang masih kurang mampu dan membutuhkan,” ujarnya.

Penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dari negara muslim ini dilakukan dari hari pertama lebaran Idul Adha 1442 Hijriah hingga hari tasyrik ke-3 dengan titik pemotongan hewan kurban berada di 4 lokasi, yaitu di Aceh Jaya, Lhokseumawe, Pidie Jaya, dan Aceh Besar. Selanjutnya distribusi akan disebar ke penerima manfaat di seluruh kabupaten dan kota di Aceh.

Hari pertama, dilakukan penyembelihan kurban di 3 titik. Dimana 10 ekor sapi di Aceh Jaya dengan mitra Hayrat, dan 50 ekor sapi di Aceh Utara. Sedangkan 6 ekor sapi disembelih dengan mitra MOFA Kuwait di Subulussalam.

Titik penyembelihan di Aceh Jaya berlokasi tepat di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) yang dikelola oleh ACT. Sapi-sapi yang dikurbankan juga merupakan sapi yang berasal dari LTW tersebut. Sehingga memberdayakan sumber daya lokal. Sedangkan penyembelihan di Aceh Utara berlokasi di Dayah Darul Aitam, Kec. Sampoiniet. 

“Alhamdulillah, di Aceh Utara juga ada 50 ekor sapi yang disembelih. Saat ini (tengah hari) sudah semuanya disembelih. Disana juga datang langsung mitra kami dari Turki, yang besoknya juga masih berlangsung pemotongan kurban dari mitra TDV,” tambahnya.

Hari kedua dan ketiga, TDV akan kurban 100 ekor sapi, dengan membagi dua titik pemotongan yaitu di Pidie Jaya dan Aceh Besar.

Staf Program ACT Aceh Munandar mengatakan selain penyembelihan kurban, di tempat pemotongan Aceh Utara, Pidie Jaya, dan Aceh Besar juga akan dibuat ‘Dapur Qurban’.

“Akan ada dapur Qurban di titik pemotongan ini. Akan ada sapi yang dipotong dan diolah sedenikian rupa menjadi hidangan yang lezat, dan dapat disantap oleh masyarakat sekitar pemotongan yang sudah berpartisipasi dalam penyelenggaraan kurban ini,” sebutnya.

Di waktu yang sempit ini, Global Qurban masih menerima bagi sahabat yang ingin menunaikan ibadah qurban. Sahabat dapat mengunjungi tautan bit.ly/AcehBerqurbanTanpaBatas dan mengisi akan berkurban atas nama siapa, lalu melanjutkan proses pembayaran.

Atau sahabat juga dapat transfer melalui rekening atas nama Yayasan Global Qurban ke Bank Syariah Indonesia 7158523994 atau Bank Aceh Syariah 01001930009323. Lalu konfirmasikan kurban sahabat melalui pesan singkat WhatsApp ke 0822-8326-9008 atau pesan pribadi Instagram @act_aceh.[]


Exit mobile version